MARKETING CLASS

Bambang Supriadi
Graduate Student of Master Program in Management
School of Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agriculture University (www.ipb.ac.id)

Class of E56

Lecturer
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujansumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
Dr. Kirbandoko, M.S.M.
Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.

First Lecture
300 Kata tentang Kuliah Pertama Manajemen Pemasaran
Marketing, atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Pemasaran”, bukanlah hal yang baru pertama kali saya dengar. Tapi siapa yang menyangka kalau selama ini yang saya pahami dari marketing hanya sebatas 4P saja. Padahal 4P (Product, Price, Place and Promotion) atau yang biasa dikenal sebagai Bauran Pemasaran, hanyalah sebagian kecil dari wilayah jajahan pemasaran.

Ternyata luas sekali wilayah jajahan pemasaran itu, tidak saja hanya berbicara tentang produk dan harganya, serta promosi dan distribusinya saja, melainkan juga berbicara mengenai segmen dan target pasar, positioning dan diferensiasi, strategi komunikasi pemasaran, strategi bersaing dan bahasan-bahasan lainnya yang nantinya akan mengarah kepada citra (Image) produk itu sendiri di benak si pelanggan. Pertama kali kuliah Manajemen Pemasaran di MB-IPB tanggal 4 Februari 2016, akhirnya membuka wawasan saya mengenai Pemasaran.

Image result for marketing strategy
Seperti kata pepatah “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya membuat tambah penasaran”, kata-kata tersebut layak saya ungkapkan dikarenakan rasa penasaran yang lebih jauh lagi ingin menguak tabir Pemasaran terutam di MB-IPB ini. Rasanya sangat wajar untuk memiliki rasa penasaran terutama dalam mempelajari Manajemen Pemasaran lebih dalam dan lebih jauh lagi, karena lingkup pekerjaan saya sebenarnya ada di Departemen Pemasaran tersebut.

Mudah-mudahan dengan mendapatkan materi kuliah Manajemen Pemasaran dibawah asuhan Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc., akan lebih meningkatkan lagi pengetahuan dan keterampilan saya mengenai strategi pemasaran mulai dari mempersiapkan produk sampai membuat strategi pemasaran dari produk tersebut. Hal ini sangat penting bagi saya yang sehari-hari kerjaannya mengurusi produk, apalagi persaingan saat ini relatif sangat ketat ditambah lagi lebih banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru yang membuat persaingan tambah lebih ketat lagi.

Harapan saya mudah-mudahan tidak banyak tugas ke luar kota di Triwulan 2 ini sehingga saya tidak harus ketinggalan mata kuliah yang memang sangat menarik dan benar-benar menunjang pekerjaan saya.

Text Book

Ujang Sumarwan (editor). 2015. Pemasaran Strategic: Perspektif Perlilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press.

Silahkan download e-book:

2015 01 BUKU Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan

Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3  Please dowload link below for book preview:

Silahkan download e-book:

2009 UJANG SUMARWAN PEMASARAN STRATEGIK – STRATEGI UNTUK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN

Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 1st Printing. 2011. Marketing Strategic: Value Based Marketing and Marketing Metrics. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.

Silahkan download e-book:

2010 UJANG SUMARWAN PEMASARAN STRATEGIK – PERSPEKTIF VALUE-BASED MARKETING

SINOPSIS
Pemasaran strategik menguraikan bagaimana sebuah perusahaan harus memahami konsumen, sehingga dapat menyusun strategi pemasarannya untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan guna meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham.Pemasaran adalah memahami berbagai kebutuhan para pelanggan dan mengembangkan sebuah proposisi untuk menawarkan nilai yang superior. Melalui penyediaan nilai pelanggan yang lebih tinggi maka manajemen dapat memberikan dan menghasilkan nilai yang lebih tinggi pula kepada para pemegang saham. Nilai suatu merek dagang terbentuk dari kepercayaan para pelanggan terhadap merek dagang perusahaan. Kepercayaan ini membentuk relasi antara merek dan pelanggan yang mendorong preferensi, loyalitas merek, dan keinginan untuk mempertimbangkan produk dan jasa baru yang ditawarkan perusahaan di masa depan dengan merek tersebut. Buku ini juga menguraikan bagaimana langkah-langkah untuk membangun ekuitas merek serta menjelaskan beberapa metode untuk mengukur ekuitas merek.